Beton

Waktu Minimum Bekisting sesuai Umur Buka Dak Beton

Waktu Minimum Bekisting sesuai Umur Buka Dak Beton

Umur buka dak beton yang dibutuhkan berkisar 14 hingga 28 hari. Namun, terdapat faktor yang mempengaruhi proses pengerasan.

Umur buka dak beton berkaitan erat dengan kualitas bekisting. Pengertian dari bekisting sendiri merupakan struktur yang memiliki sifat sementara waktu dengan pemasangan dalam waktu singkat.

Selain itu, bekisting juga memiliki kemampuan sebagai penahan beban dalam waktu hanya beberapa jam selama proses penuangan beton.

Setelah berlangsung beberapa hari setelahnya dilakukan pembongkaran sesuai batasan umur buka dak beton, lalu digunakan kembali. Bekisting memiliki fungsi sebagai pemberi bentuk konstruksi pada bangunan beton, mendapatkan struktur yang diinginkan dan sebagai pemikul beton segar hingga konstrumsi mengeras serta mampu memikul bebannya sendiri.

Baca juga: Harga Box Culvert

Faktor yang Mempengaruhi Umur Buka Dak Beton

Proses pembongkaran dak beton pada umumnya dilakukan saat mencapai umur 14-28 hari. Saat bekisting dibuka saat beton belum matang, maka hal ini akan menyebabkan keretakan beton.

Hal ini disebabkan kemampuan menahan beban sendiri dan beban hidup masih belum bekerja. Kemungkinan faktor yang menjadi penyebab keretakan tersebut adalah faktor susut.

Penyusutan sendiri merupakan sifat beton karena adanya pengecilan volume beton karena dipengaruhi oleh kadar air di dalam beton mengalami pengurangan.

Baca juga:

Definisi Beton Ready Mix

Sifat tersebut tidak dapat dipengaruhi beban. Faktor yang mempengaruhi adanya penyusutan diantaranya meliputi, air, semen dan air semen. Apabila ketiganya dicampurkan akan terjadi suatu reaksi kimia dengan menghasilkan barang yang baru dan tidak dapat terurai kembali.

Penggunaan kadar air sendiri saat dilakukan percampuran menggunakan semen harus sesuai. Apabila terjadi kelebihan air dapat memicu rongga pada mortar sekaligus menimbulkan keretakan.

Penyusutan juga dapat menimbulkan keretakan. Hal tersebut dipengaruhi oleh luasan dan volume penampang pada beton. Apabila luas penampang dan volume makin besar, maka penyusutan pada beton dapat berlangsung dalam waktu yang singkat.

Baca juga:

Harga Pagar Panel

Balok beton mengalami keretakan karena adanya penyusutan saat mengalami penguapan. Bagian luar dari beton akan menimbulkan penguapan lebih dahulu dibandingkan bagian dalamnya.

Hal tersebut dapat memicu adanya perbedaan volume baik beton bagian luar dan bagian dalam. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan ketegangan pada titik pertemuan diantara bagian luar maupun dalam yang menimbulkan keretakan.

Umur buka dak beton biasa dilakukan apabila beton mencapai umur 14 hari hingga 28 hari. Faktor penyusutan dan lamanya bekisting dapat mempengaruhi proses pembongkaran.

Sistem Pemeliharaan Umur Buka Dak Beton

Pemeliharaan pada beton dapat dilakukan secara cepat dengan berbagai kondisi. Beberapa diantaranya meliputi, curing normal dimana proses pengerasan pada beton terjadi secara bertahap.

Kondisi curing sebelum melakukan pembongkaran perlu dipertahankan hingga minimal berumur 14 hari. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan kekuatan akhir dengan menyerupai kekuatan beton di hari ke 28.

Pembentukan penampang pada beton sesuai kebutuhan dengan pengerasan pasta beton. Umur buka dak beton dengan mencapai kekuatan sesuai yang direncanakan agar mampu memikul beban setelah umurnya mencapai waktu 4 minggu.

Agar kekuatan beton dapat mencapai kekuatan dalam waktu singkat perlu dilakukan penambahan bahan tambahan. Hal ini dilakukan agar proses pengerasan bisa dipercepat dan menaikkan suhu saat curing.

Baca juga

Harga Ready Mix

Waktu curing yang singkat untuk mendapatkan kekuatan normal selama 4 minggu memiliki beberapa keuntungan. Beberapa diantara seperti :

  • proses pembangunan dapat dilakukan lebih cepat
  • pemakaian bekisting dapat dilakukan secara berulang kali dengan frekuensi yang tinggi
  • penghematan biaya bekisting
  • membantu mengurangi kebutuhan gudang penyimpanan untuk beton yang mengalami perkerasan khususnya produksi pracetak
  • meningkatkan jumlah produksi beton serta percepatan pengantaran menuju lapangan.
Cara Bongkar Dak Beton

Pembongkaran Sesuai Umur Buka Dak Beton

Cara pembongkaran cetakan sesuai umur buka dak beton dapat dilakukan dengan cara sesuai standar SNI 03-2847-2002. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Pembongkaran Bekisting
    Cetakan perlu dilakukan pembongkaran dengan menggunakan cara tanpa mengurangi keamanan serta kemampuan struktur dak beton yang dapat dipengaruhi adanya pembongkaran. Cetakan yang digunakan harus memiliki bahan kuat agar tidak mudah mengalami kerusakan saat mengoperasikannya.
  2. Pembongkaran Penompang
    Kontraktor harus membuat tata cara maupun jadwal sebelum melakukan kerja konstruksi, terutama berkaitan dengan lamanya pembongkaran serta pemasangan pada penopang. Selain itu, untuk menghitung beban yang didistribusikan menuju struktur dengan lamanya pengerjaan pembukaan.

Beban bangunan yang dikombinasikan dengan beban mati serta beban hidup tidak boleh diletakkan di atas beton yang dibangun dan tidak memiliki penopang.

Namun, hal tersebut tidak berlaku apabila hasil analisis pada bagian struktur yang dituju memiliki daya atau kekuatan cukup dalam menompang beban tambahan.

Sebelum umur buka dak beton mencapai batas terakhir, maka, bekisting dan perancah tidak boleh dipindah-pindah dengan syarat beton cukup kuat terutama dalam menopang beban yang berada di atasnya.

Ketentuan kekuatan beton perlu didasarkan atas perencanaan dan spesifikasi keadaan dalam penetapan perpindahan cetakan dan pengadaan uji beton sesuai standar.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kekuatan beton sudah mampu memikul beban. Terdapat keuntungan jika beton dapat mencapai tingkat kekuatan yang cukup untuk membatasi lendutan karena pikulan beban sendiri dan beban yang ditambahkan.

Pembongkaran bekisting maupun perancah dapat dilakukan untuk memulai pengerjaan konstruksi lainnya. Pemindahan bekisting dak beton tidak dapat dilakukan jika belum mencapai minimal 70% kekuatan struktur. Umur buka dak betonn memerlukan batas minimum dalam membongkar bekisting sesuai dengan perencanaan.

Dak Beton
Dak Beton

Waktu Minimum Bongkar Bekisting  Sesuai Umur Buka Dak Beton

Setiap konstruksi memiliki proses pembongkaran bekisting yang berbeda. Hal ini didasarkan atas kekuatan dan lamanya proses pembongkaran.Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan daya pikul beban sendiri maupun beban tambahan sesuai kebutuhan.

Waktu minimum pembongkaran pada dinding, kolom, dan bagian sisi balok adalah 12 jam. Hal tersebut dengan ketentuan beban hidup memiliki berat lebih kecil dibandingkan beban mati.

Ketentuan yang sama berlaku pada jarak bentang 3-6 meter membutuhkan waktu minimal 14 hari. Sedangkan, balok dengan jarak >6 meter mencapai 21 hari.

Apabila beban hidup cenderung lebih besar dibandingkan beban mati. Maka balok dengan jarak < 3meter butuh waktu minimal 4 hari, jarak bentang 3-6 meter berlangsung 7 hari dan balok dengan jarak bentang >6 meter berkisar 14 hari.

Waktu minimal proes pembongkaran pelat lantai satu arah dengan ketentuan beban hidup lebih kecil dibandingkan beban mati. Maka, waktu yang dibutuhkan untuk membongkar jarak bentang <3 meter membutuhkan waktu 4 hari, jarak bentang 3-6 meter mencapai 7 hari dan jarak bentang >6 meter mencapai 10 hari.

Saat pembukaan bekisting pada pelat lantai dua arah disesuaikan dengan penggunaan reshoring.

Bila dibutuhkan, pemasangan reshoring dapat dilakukan setelah pembongkaran bekisting secara menyeluruh. Fungsi reshoring dilakukan untuk memperkecil lendutan.

Selain itu, kapasitas beban serta jarak reshoring yang diatur harus sesuai dengan perencanaan. Beton sendiri merupakan salah satu material yang penting dalam konstruksi. Karena itulah, beton yang matang dengan sempurna akan menjamin kualitas sebuah bangunan atau konstruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *