DEFINISI PRODUK KANSTIN

Kanstin adalah beton pracetak secara umum berbentuk persegi panjang, dibuat dari bahan-bahan komposisi beton, bahasa lain kanstin yaitu kerb (curb) atau kerbing. Fungsi curb secara umum adalah sebagai pembatas pada tepian yang biasanya untuk kepentingan pinggir jalan maupun taman

Definisi, Fungsi, Pengertian Kanstin

JENIS-JENIS KANSTIN BETON

Jenis produk beton pracetak kerb ini terdiri dari beberapa jenis, tergantung dari peruntukannya diantaranya kanstin taman dan kanstin trotoar.

Adapun istilah-istilah lain untuk produk beton precast kanstin antara lain ada yang menyebut dengan istilah Kanstin DKI, kanstin kapuk, kanstin lubang air, kanstin sofa, penyebutan istilah tersebut dilihat dari bentuk kanstinnya.

Dengan menggunakan produk kanstin beton maka lokasi maupun media yang diinginkan terlihat lebih rapi dan enak dipandang, dan sangat cocok untuk perecanaan penataan kota.

MUTU BETON KANSTIN

Merujuk pada standarisasi pembuatan beton pracetak maka dalam produksi kanstin secara umum menggunakan mutu beton K 225

Dibawah ini adalah beberapa jenis produk kanstin yang kami jual untuk kepentingan trotoar maupun taman dengan berbagai tipe maupun ukuran

Kebutuhan Kerb Menjadi Salah Satu  komponen Penting Konstruksi

sebagai salah satu jenis material konstruksi yang perlu diketahui. Maka pembangunan side jalan raya biasanya memanfaatkan kerb sebagai pembatas antara pejalan kaki dengan pengguna jalan lain yang menggunakan alat transportasi.

Komponen ini merupakan salah satu material beton precast yang memiliki banyak kegunaan untuk konstruksi jalan, taman maupun penahan pada paving block. Hal tersebut membuat paving tidak mudah mengalami pergeseran.

Penggunaan Kanstin yang Sangat Efisien dalam Berbagai Konstruksi

Pemanfaatan kanstin sangat erat kaitannya dengan proyek yang berhubungan dengan konstruksi badan jalan. Sifat komponen ini dapat memperkuat sisi jalan. Tidak hanya itu, material ini sangat cocok dijadikan sebagai car stopper terutama bagi kendaraan mobil di lahan parkir.

Terdapat banyak jenis kanstin dan memiliki fungsi yang sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan proyek yang ingin dijalankan, seperti pembatas jalan, taman perumahan maupun penahan paving. Penggunaan kanstin trotoar biasa ditempatkan pada permukaan yang memiliki kecenderungan lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kansteen dapat dimanfaatkan sebagai pembeda antar jalur.

Kelebihan Kanstin yang Menjadi Alasan Kenapa Anda Memilihnya untuk Konstruksi

Penggunaan material beton precast di atas memberikan banyak keunggulan bagi dunia konstruksi. Berikut beberapa keuntungan penggunaan kanstin yang biasa terlihat di badan jalan :

  • Kemampuan menyerap air => kemampuan ini memudahkan pergerakan aliran air mengalir menuju saluran drainase.
  • Beratnya cenderung lebih ringan => hal ini membuat kanstin lebih mudah dipasang dan tidak perlu menambah bantuan alat pengangkut untuk mengangkatnya.
  • Perawatan cukup mudah => pemasangan maupun pembongkarannya sangat mudah sehingga mempermudah pengerjaan
  • Memiliki bentuk dan ukuran bervariasi => beragamnya bentuk dan ukuran membuat bahan ini dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

Kekurangan Kerb yang Bisa Anda Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Mekipun penggunaan kanstin dinilai sangat menguntungkan untuk membangun konstruksi badan jalan, taman maupun lahan parkir. Anda perlu mengetahui beberapa kekurangan dalam penggunaannya. Berikut beberapa diantaranya :

  • Pemasangan kanstin bisa mengalami masalah seperti bergelombang => hal ini dapat terjadi apabila struktur maupun pondasi pada permukaan tidak cukup padat
  • Pemasangan yang menyalahi aturan atau prosedur lapangan => Perlu diketahui bahwa pemasangan sesuai prosedur sangat penting agar jalannya proses konstruksi berakhir baik. Apabila tidak maka kanstin mengalami perubahan posisi atau bergeser.

Penting dalam pemasangan kerb/curb sesuai dengan prosedur yang berlaku. Tidak hanya kanstin saja namun komponen lainnya perlu diperhatikan. Pemasangan yang tidak tepat dapat mengakibatkan kerusakan. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan standar operasional yang berlaku agar proyek infrastruktur dapat berjalan lancar.

Spesifikasi Kanstin yang Biasa Dibutuhkan

Terdapat banyak pilihan produk kanstin sesuai dengan kebutuhan pengerjaan infrastruktur baik taman, jalan maupun parkir mobil. Hal ini dikarenakan setiap kansteen memiliki ukuran untuk kebutuhan spesifik. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

  1. Kanstin Taman => penggunaan kanstin ini biasa dipakai untuk pembuatan taman di perumahan maupun taman kota. Ukuran dari komponen ini memiliki panjang 39 cm. Selain itu, memiliki tinggi 19,5 cm, lebar atas 7,5 cm dan lebar bawah 10 cm.
  2. Kanstin S => penggunaan kanstin ini memiliki ukuran panjang 40 cm, lebar atas 9 cm, lebar bawah 17 cm dan tinggi 30 cm.
  3. Kanstin DKI => Ukuran kanstin ini memiliki panjang 59,9 cm, lebar atas 10 cm, lebar bawah 15,5 cm dan nilai tinggi 27 cm.
  4. Kanstin Duduk => ukuran panjang pada kanstin jenis ini memiliki kisaran nilai 38,5 cm, lebar atas 10 cm, lebar atas 10 cm dan ketinggian komponen 20 cm.
  5. Kanstin B2 => Ukuran panjang pada kanstin ini berkisar 40 cm, lebar atas 12 cm, lebar bawah 16 cm dan ukuran tingginya 28 cm.

Kanstin merupakan salah satu komponen konstruksi terbuat dari beton pracetak dengan metode fabrikasi. Selain kanstin terdapat berbagai macam elemen beton pracetak seperti U Ditch, Kolom pracetak, GRC, tiang pancang dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Membuat Benda Uji Kubus

Keuntungan Pembuatan Kanstin Beton Pracetak

Penggunaan kansteen tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi beton pracetak dalam konstruksi. Maka dari itu, sangat penting mengetahui keuntungan beton pracetak baik secara teknis maupun biaya. Berikut beberapa diantaranya :

Jangka waktu pengerjaan relatif lebih singkat

Jadwal pengaturan menjadi lebih sistematis. Hal ini akan mempengaruhi waktu pengerjaan konstruksi menjadi lebih cepat selesai. Hal ini dikarenakan pengaturan pemasangan lebih perdana sehingga produksi lebih awal. Hal tersebut mempengaruhi kinerja teknis di lapangan menjadi pebih efisien.

Biaya cenderung lebih sedikit

Penggunaan kanstin beton pracetak dapat mengurangi tingkat anggaran proyek. Hal ini dikarenakan konstruksi yang dibangun menjadi lebih singkat dan biaya overhead dapat ditangguhkan. Tenaga kerja menjadi lebih sedikit. Tentunya, mampu mengurangi jumlah kebutuhan biaya untuk membeli material pendukung.

Tingkat efisiensi produk lebih baik dan dapat diproduksi massal

Hal ini disebabkan waktu yang diperlukan untuk beraktivitas di luar dapat dilakukan secara singkat. Hal ini akan menjaga kestabilan pekerjaan.

Proses pengerjaan tidak dipengaruhi oleh perubahan cuaca

Elemen yang diperlukan seharusnya tidak perlu terlalu beragam. Hal ini berkaitan dengan tiap elemen yang diperlukan besar. Apabila proses pembuatannya dilakukan secara massal menggunakan cara fabrikasi. Selain itu, menjaga tingkat efisiensi kanstin yang diperoleh.

Biaya pengawasan menjadi lebih ekonomis

Pembuatan kanstin beton pracetak mampu mengurangi biaya pengawasan. Hal ini disebabkan proses konstruksi yang berlangsung memiliki waktu cenderung lebih pendek.

Mengurangi tingkat polusi suara

Hal ini dikarenakan proses kegiatan produksi dilakukan di pabrik sehingga secara tidak langsung mampu mengurangi tingkat kebisingan yang disebabkan proses produksi. Maka dari itu, lokasi proyek terhindar dari polusi suara. proses pemasangan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Alat yang diperlukan dalam proses instalasi menjadi lebih sedikit. Hal ini akan sangat berbeda apabila dilakukan secara konvensional.

Kanstin yang dihasilkan berkualitas

Kualitas kanstin beton pracetak sangat baik. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya dilakukan secara mekanik atau menggunakan mesin. Tempat produk yang digunakan baik itu pabrik maupun tempat pelatihan lebih stabil atau konstan.

Tingkat pengawasan lebih teliti. Proses pengerjaan tidak dibawah sinar matahari sehingga lingkungan kerja cenderung kondusif.  Pelaksanaan konstruksi berjalan lebih terarah dan sesuai dengan deadline pengerjaan

Baca juga: Dak Keraton

Pembuatan kanstin beton pracetak tidak mudah dipengaruhi oleh kondisi cuaca

Hal ini dikarenakan lokasinya cenderung lebih tertutup dan terlindungi. Tempat yang dijadikan sebagai lokasi biasanya berupa pabrik maupun tempat pelatihan yang aman dari hujan maupun sinar matahari.

Pengaruh cuaca akan timbul saat melakukan instalasi saat pengerjaan proyek. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena proses pemasangan terbilang singkat. Hal ini tidak akan mempengaruhi proses penyelesaian proyek menjadi terhambat.

Penggunaan kanstin dinilai sangat penting untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Hal ini menunjukkan bahwa komponen ini membantu proses pembangunan sebuah proyek berjalan sesuai harapan. Terdapat banyak kebutuhan untuk meningkatkan sarana dan prasarana badan jalan terutama pembatas jalan. Selain itu, taman dan lahan parkir menjadi lebih aman dan memberikan kesan menarik pada tampilan.

Menampilkan semua 2 hasil

Show sidebar
Harga Kanstin Trotoar
Close

Harga Kanstin Trotoar

Rp50,000

HARGA KANSTIN TROTOAR

Kanstin trotoar ini memiliki beberapa tipe diantaranya type b2 atau 40x28x15 mm dan b4 40 x 25 x 12 mm, untuk melihat harga silakan pilih pada bagian pilihan dibawah ini, kegunaan kanstin trotoar sudah barang tentu untuk kebutuhan trotoar, baik itu untuk merapikan bagian-bagian pembatasan jalan, agar pentaan jalan maupun trotoar lebih terarah dan terlihat sedap dipandang.

Harga Kanstin Taman
Close

Spesifikasi Kanstin Taman

Rp35,000Rp50,000

BETON KANSTIN TAMAN

Kanstin taman ini memiliki beberapa tipe diantaranya type b2 atau 40x28x15 mm dan b4 40 x 25 x 12 mm, untuk melihat harga silakan pilih pada bagian pilihan dibawah ini, kegunaan kanstin taman sudah barang tentu untuk kebutuhan taman, baik itu untuk merapikan bagian-bagian pembatasan taman, agar terlihat sedap dipandang.