Konstruksi

Prefabricated Vertical Drain untuk Membangun Perlintasan Air

Prefabricated Vertical Drain untuk Membangun Pelintasan Air

Prefabricated Vertical Drain bahan penting untuk pembangunan perlintasan air yang efisien saat ini

Prefabricated Vertical Drain / PVD adalah sebuah bahan yang berasal dari material geosintetik dengan prinsip kinerja mirip dengan mengumpulkan air berpori dan mengalirkannya secara tegak lurus sepanjang alat tersebut. Alat ini dapat membantu menaikkan air pada daerah yang memiliki laju konsolidasi tidak terlalu tinggi, kejenuhan lempung serta permeabilitas dalam kategori rendah.

Daerah Pengaruh Terhadap Pemasangan Prefabricated Vertical Drain

Parameter yang digunakan PVD menghasilkan efek kerusakan yang dikenal dengan nama smear zone. Nilai smear zone dipengaruhi oleh struktur tanah dan dimensi mandrel. Tetapi terdapat masalah yang biasa ditemukan berupa penentuan nilai daerah terganggu dan penentuan efek smear di permeability.

Tujuan pemasangan pada PDV yaitu memperpendek lintasan pengaliran maka jarak antara drainase merupakan bagian penting. Pemberian jarak pada drainase tebal pada lapisan lempung lebih besar dibandingkan jarak drainase.

Pemasangan PVD tidak dapat dilakukan pada lapisan lempung yang tipis. Apabila Anda ingin mendesain PVD dengan baik maka menentukan nilai rasio koefisien konsolidasi horizontal dan vertikalnya semakin tinggi maka semakin bermanfaat.

Smear zone adalah nilai pengaruh yang ditimbulkan karena proses peremasan saat melakukan pemasangan PVD pada nilai koefisien lempung yang berada di dekat drainase. Nilai koefisien tersebut terus berkurang.

Efek pelumasan dapat dihitung dengan asumsi nilai Ch yang dikurangi atau menggunakan nilai diameter yang diperkecil. Pemasangan PVD memanfaatkan Mandrel saat dimasukkan ke dalam tanah dan di bagian ujung di berikan sepatu. Pemasangan tersebut dapat menyebabkan lapisan tanah mengalami gangguan.

Baca juga:

Jenis Drainase
Prefabricated Vertical Drain

Parameter Prefabricated Vertical Drain

Terdapat beberapa parameter yang perlu diperhatikan dalam PVD. Hal ini dikarenakan setiap parameter mempengaruhi sifat mekanis dan kinerja dari sistem filter tanah. Beberapa diantaranya seperti, Settlement,  salah satu parameterini didapatkan penyelidikan tanah yang dihasilkan dari pengujian laboratorium dan perhitungan mekanik pada tanah.

Baca juga:

Harga U Ditch

Tingkat kompresibilitas pada tanah dapat diketahui dari kedalaman tanah antara pemasangan PVD dengan Sattlement. Parameter lainnya tingkat ketebalan pada lapisan Hc dibersamai tekanan pori berlebih mengindikasikan tekanan mendatar keseluruhan pada drainase. Kedalaman Landfill dan tingkat permeabilitas pada tanah dan waktu konsolidasi.

Pelaksanaan Pemasangan Prefabricated Vertical Drain

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat desain PVD. Beberapa diantaranya meliputi, pengujian tanah untuk mendapatkan beberapa hasil seperti variasi lapisan tanah baik vertikal maupun mendatar.

Menentukan ukuran konstanta tekanan dan koefisien permeabilitas. Selain itu, hal yang perlu diingat mengenai perhitungan settlement dan waktu untuk menentukan penggunaan vertical drain

Terdapat 2 hal penting dalam melakukan perencanaan PVD diantaranya mengetahui jarak yang memengaruhi PVD pada kecepatan saat proses konsolidasi. Apabila jara PVD semakin kecil maka jarak yang ditempuh lintasan air semakin pendek untuk keluar sehingga lamanya waktu konsolidasi cepat.

Jarak paling kecil sekitar 100 cm. Apabila ukuran di bawah nilai tersebut maka kekuatan geser tanah mengalami penurunan. Satu hal penting lainnya yaitu panjang PVD dapat mempengaruhi kecepatan konsolidasi. Proses ini konsolidasi pada PVD memperpendek daerah PVD dan menyingkat proses. Sedangkan di bagian bawah akan terjadi konsolidasi biasa.

Pada dasarnya penggunaan Prefabricated Vertical Drain untuk menggantikan Sand Drain. Pemasangannya tidak dilakukan dengan cara dibor sehingga proses pemasangan dapat berjalan daam waktu yang singkat.

Kedalaman pemasangannya berkisar 24 meter dengan memanfaatkan rin penetrasi statis. Apabila menginginkan kedalaman lebih dalam lagi maka diperlukan rig dengan ukuran lebih besar. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat proses pengerjaan penetrasi.

Penerapan Prefabricated Vertcal Drain

Pemanfaatan PVD dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Beberapa diantaranya yaitu, pembangunan konstruksi yang berada di atas rawa-rawa, tempat untuk menimbun kontainer, landasan pacu/bandara dan biasa digunakan di pelabuhan. Kegunaan PVD di setiap area memiliki fungsi yang sama yaitu, mempermudah sekaligus mempercepat air keluar dari massa tanah dengan bantuan pembebanan.

Sifat Filter dari Prefabricated Vertical Drain

Bahan material pada PVD harusnya memiliki kualitas bahan baik sehingga saat digunakan dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, filter pada PVD dapat menahan butiran dari tanah yang dibawa oleh air saat keluar dari tanah. Terdapat beberapa sifat yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Prefabricated Vertical Drain, diantaranya :

  1. Indek nilai permeability harus dipilih sesuai. Hal ini dilakukan agar filter tidak berpengaruh terhadap discharge capacity dari sebuah system drain.
  2. Nilai permeabilitas harus memiliki nilai rendah untuk dapat melakukan penahanan terhadap partikel halus. Hal ini dilakukan agar tidak menyumbat keluar masuknya air. selain itu, butiran tanah tersebut dapat masuk ke dalam core melalui filter.
  3. Filter yang digunakan harus kuat dalam menahan tekanan pada tanah lateral sehingga tidak ikut menutup jalannya air karena terdorong mendekat ke bagian core.
  4. Filter yang dipilih ahrus kuat agar tidak dapat menimbulkan lelah dan kerusakan saat melakukan pemasangan.
  5. Usia tidak mempengaruhi kualitas filter dan mengalami penurunan mutu terlalu besar. selain itu, dapat membuat nilai discharge capacity berkurang.
  6. Sifat filter yang kaku dapat memberikan kekuatan pada tekanan pengaliran horizontal
PVD

Penggunaan Prefabricated Vertical Drain di Lapangan

PVD lebih dikenal sebagai drain core karena bentuknya bergerigi pipuh terbuat dari bahan plastik yang memanjang dan terdapat selaput berupa membran. Fungsinya adalah sebagai penyaring yang biasanya dapat dikirim ke lapangan dalam bentuk gulungan.

Ukurannya mencapai lebar sekitar 100 mm dan variasi ketebalan mulai dari 2 hingga 5 mm. Mayoritas PVD terdiri atas selaput berupa synthetic drainage dengan sifatnya non woven dan memiliki kegunaan sebagai penyaringan

Cara pemasangan PVD dilakukan secara tegak lurus pada permukaan tanah dengan memanfaatkan mesin. Mesin yang dipasang berjarak sekitar 1 hingga 5 meter. Sedangkan panjang PVD yang ditegakkan di dalam tanah memiliki tingkat kedalaman bervariasi tergantung dari jenis tanah.

Baca juga:

Harga Box Culvert

Pemasangan PVD pada daerah yang terletak pada bawah surchage memiliki peran penting untuk mengubah nilai excess pore water pressure yang terdapat di dalam tanah. Pengeluaran air dari tanah akibat beban tersebut yang tepat berada di atas.

Hal tersebut dapat menimbulkan terjadinya pemampatan karena adanya konsolidasi lapisan tanahnya. Beban surchage memiliki kriteria tertentu dalam proses peletakannya di atas tanah keras.

Beberapa diantaranya jarak antar PVD dan jenis PVD. Lapisan core yang terletak di dalam PVD dan penyaringan jacket memiliki peran tersendiri dan sangat penting dalam proses filter. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

  • Drain Jacket
    Penyaringannya dilakukan untuk mengeliminasi butiran halus yang masuk dan menghalangi jalannya air yang akan dialirkan. Sebagai jalannya aliran karena fungsinya sebagai permukaaan terluar. Membatasi menutupnya aliran air yang dialirkan secara internal saat mulai terjadi tekanan tanah secara horizontal.
  • Fungsi Drain Core
    Bagian ini memiliki kegunaan sebagai jalannnya aliran air, mendukung kinerja penyaringan jackte dan memastikan jalannya air tidak berkelok.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.