Konstruksi

Mengenal Kegunaan Khusus Sandwich Panel dalam Konstruksi

Mengenal Kegunaan Khusus Sandwich Panel dalam Konstruksi

Sandwich panel merupakan material lembaran dengan 3 lapisan berupa core, skin dan flat composite. Selain itu, penggunaannya memiliki banyak keunggulan dalam bidang konstruksi bangunan.

Judul Artikel: Beragam Keunggulan Penggunaan Sandwich Panel dalam Bidang Konstruksi

Sandwich panel adalah salah satu bagian dari material lembaran pracetak terdiri dari tiga bagian lapisan seperti bagian inti dan kedua sisi terlapisi oleh board. Bagian inti terdiri atas agregat beton dan extended polyester.

Baca juga:

Panel Lantai Styrofoam

Sedangkan pada lapisan lainnya memiliki beton berserat berupa fibercement yang memiliki tebal mencapai 4 mm. Komposit sandwich terdiri atas flat composite, core dan skin.

Bagian core merupakan core import seperti PVC, PU dan lainnya. Komposit tersebut memiliki maksud agar beratnya efsisien dan optimal. Namun, memiliki kekakukan serta kekuatan tinggi.

Penggunaan Sandwich Panel secara Umum

Ppenggunaan komposit tersebut dapat digunakan sebagai penahan beban kelenturan, impak serta peredam getaran maupun suara. Selain itu, pembuatannya sengaja untuk menghasilkan struktur ringan namun memiliki kekuatan dan kaku yang tinggi.

Pemilihan bahannya memiliki beberapa persyaratan diantaranya, meliputi tahan panas, ringan dan harga menjadi pertimbangan. Penggunaan komposit sandwich dapat diterapkan pada struktural maupun non struktural. Beberapa diantaranya meliputi, tipe kendaraan, truk, bus maupun kereta.

Baca juga:

Harga Pagar Panel

Konstruksi Sandwich Panel

Konstruksi pada sandwich merupakan konstruksi yang terdiri atas lapisan-lapisan yang diperoleh dengan melakukan perekatan dua lapisan tipis pada core. Lapisan tipis tersebut dibuat dari bahan padat dan kuat sebagai pemikul primer dalam konstruksi.

Selain itu, core dibentuk berasal dari bahan ringan dengan maksud penyeimbang kedua lapis tipis dan pemikul gaya geser. Penyusunan tersebut dapat menjadikan elemen konstruksi makin kuat dan kaku.

Apabila dibandingkan dengan berat. Bahan yang dipakai sebagai face-back yang digunakan dalam membuat panel sandwich. Beberapa diantaranya meliputi plywood, asbestos board, hardwood dan single veneer.

Baca juga

Panel Lantai Styrofoam

Setiap bahan direkatkan menggunakan bahan resin-treated paper dan bahan material logam, wallboard san lain sebagainya. sandwich panel memiliki kekakuan, stabilitas dan kekuatan yang diengaruhi oleh karateristik dari lapisannya.

Baca juga:

Harga Box culvert

Bahan yang dpakai pada lapisan core meliputi bahan ringan serta kuat. Beberapa bahan tersebut meliputi, karet, styrofoam, metal, kertas dan kayu balsa yang dipakai core dalam konstruksi sandwich.

Keuntungan Sandwich Panel dalam Konstruksi Bangunan

Keunggulan sandwich panel dalam bidang konstruksi memiliki bahan lapis relatif murah dan luas pemilihan bahannya sebagai lapisan pada face-back atau core. Pengaplikasiannya meliputi, pintu, meja, lantai kayu dan plafon.

Apabila dilihat dari segi ekonomi maka pembuatan massal sandwich panl memanfaatkan core kertas dan resin sintetik sangat diminati pasar luar negeri. Core kertas dibuat menyerupai bahan mirip rumah tawon dengan berat sangat ringan.

Sandwich panel yang dimanfaatkan untuk bahan pengganti dinding di dalam ruangan maupun luar memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Beberapa kelebihannya sebagai dinding sebagai berikut:

Perangkaian cepat

Pemasangan yang diperlukan pada penempatan dinding dapat dilakukan kurang lebih 8 kali lebih cepat. Apabila dibandingkan dengan sistem konvensional atau pasangan batu. Hal tersebut merupakan keunggulan bagi investor yang mampu mempercepat waktu saat pembangunan.

Berat ringan

Berat pada sandwich panel berasal dari fibercement di bagian luarnya sedangkan di dalamnya memiliki campuran expanded polyester. Hal tersebut dapat membuatnya menjadi lebih ringan dibandingkan precast concrete bertulang dan bata ringan.

Ukuran dapat disamakan saat pemasangan

Ukuran dapat disamakan saat dilakukan pemasangan. Meskipun , sandwich panel sudah memiliki ukuran tersendiri secara fabrikasi. Tetapi saat dilakukan instalasi dapat dipakai sesuai ukuran sesuai kebutuhan dengan dilakukan pemotongan.

Resistensi isolasi

Panel dinding ini terbuat dari bahan isloasi EPS maka memiliki sifat sebagai peredam panas sekaligus suara dengan baik. Selain itu, siap dilakukan pemasangan dan tidak memerlukan finishing lagi.

Tahan api

Penggunaan sandwich panel bersifat tahan api dengan melakukan pengujian situs brickwell ini. ketahanan panel ini terhadap api memiliki kisaran waktu kurang lebih 3 jam. Ketebalan dinding juga mencapai 90 mm.

Peredam suara yang baik

Penggunaan sandwich memiliki keunggulan sebagai peredam suara yang baik atau soundproofing. Hal tersebut menjadikan panel dinding memanfaatkan EPS. Penggunaannya untuk pengisi inti dan mempunyai isolasi suara baik.

Sedangkan, kekurangan dalam penggunaan produk sandwich panel meliputi, mudah mengalami kebocoran apabila dilakukan pemasangan di bagian dinding eksternal. Hal tersebut disebabkan pelapisan sandwich panel oleh fibercement mempunyai muai susut tinggi.

Baca juga

harga spandek plus peredam

Hal tersebut mudah mengalami keretakan rambut atau kapilerpada sambungan. Pada musim penghujan mengembang sedangkan di muim kemarau terjadi penyusutan dan kemungkinan adanya kebocoran.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.