Konstruksi

Mengenal 9 Alat-Alat yang Dibutuhkan dalam Konstruksi

Mengenal Alat-Alat yang Dibutuhkan dalam Konstruksi

Konstruksi bukanlah pekerjaan sederhana. Dalam setiap proyek sangat membutuhkan ketersediaan tenaga manusia, material, teknologi dan alat. Khusus untuk alat-alat dalam dunia konstruksi, terdapat banyak sekali jenis dan ragamnya.

Salah satunya adalah alat berat yang sangat berguna utamanya dalam pengakutan material konstruksi. Maka tak heran jika budget atau biaya dalam suatu proyek bisa sangat mahal. Terlebih jika alat tersebut harus dibeli, maka akan membuat biaya membengkak. Sebagai solusi, sebagian penyelenggara konstruksi memutuskan untuk mengadakan alat-alat tersebut dengan cara sistem sewa.

Mengenai harga sewa alat berat sangat bervariasi tergantung dari jenis dan beban yang dibutuhkan untuk pekerjaan konstruksi, contohnya untuk kebutuhan bulldozer terdiri dari beberapa pililhan,

Dalam dunia konstruksi, berikut ini beberapa jenis alat yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya merupakan alat berat yang sangat krusial pengadaannya dalam situs konstruksi.

Jenis-Jenis Alat Berat dalam Dunia Konstruksi

  1. Tower Crane
    Tower crane adalah alat yang umum dipakai dalam setiap lokasi konstruksi. Khususnya untuk pembangunan gedung bertingkat yang memungkinkan pengangkatan material berupa beton maupun material lainnya ke tempat yang lebih tinggi.Tim konstruksi menggunakan tower crane untuk mengangkat baja, beton, alat besar seperti generator obor dan asetilen, dan berbagai macam bahan konstruksi lainnya.Lengan horizontal panjang pada tower crane merupakan bagian dari derek yang membawa beban hingga dimungkinkan material bangunan mampu diangkat ke tempat yang lebih tinggi hingga puluhan meter secara vertical. Alat lain selain crane ini yaitu scaffolding, bagi anda yang memerlukan jasa sewa alat untuk perancah ini dapat dilihat di laman harga sewa scaffolding 
  2. Mobile Crane
    Alat-alat dalam dunia konstruksi yang lainnya sangat banyak. Mobile crane adalah salah satunya yang merupakan alat berat untuk mendukung kerja proyek konstruksi. Mobile crane cara kerjanya dikendalikan oleh penggerak hidrolik dengan booming teleskopik yang dipasang pada truk dengan modifikasi tertentu.
    Fungsi mobile crane ialah  untuk membawa dengan mudah material atau peralatan ke situs konstruksi. Salah satu material konstruksi yang biasa menggunakan ini yaitu instalasi pagar beton dan pemindahan beton precast U Ditch 
  3. Excavator
    Excavator adalah salah satu alat-alat dalam dunia konstruksi yang sudah tidak asing lagi. Jenis alat ini selalu ada dalam proyek konstruksi dalam skala besar. Peralatan konstruksi berat ini terdiri dari boom atau lengan, jungkat-jungkit, dan kokpit pada platform yang bisa berputar.Excavator
    Seiring dengan perkembangan dunia konstruksi, ekskavator hidraulik modern kini memiliki berbagai ukuran. Yang terkecil disebut compact mini excavator.
    Baca juga info harga aki mobil
  4. Dump Truck
    Dump truck adalah salah alat-alat dalam dunia konstruksi. Fungsinya adalah mengangkut material lepas (seperti pasir, kerikil atau puing-puing hancuran bangunan) untuk konstruksi.
    Dengan sistem hidrolik yang dimiliki, dump truck mampu dengan efisien menuangkan atau meumpahkan muatan di dalam bak truck ke tempat yang diinginkan. Alat ini membuat pemindahan material konstruksi berlangsung dengan lebih cepat dan efektif dengan menghemat SDM yang dipakai.
    Pengguaan alat-alat dalam dunia konstruksi seperti dump truck ini bisa untuk berbagai keperluan konstruksi, seperti jalan, jembatan maupun bangunan perumahan. Dalam sejarahnya, dump truck atau orang menyebutnya truk terbalik ditemukan pertama kali di Eropa di akhir abad 19.Hingga kini, dump truck merupakan alat konstruksi penting tak tak boleh dihilangkan keberadaannya hingga proses konstruksi berjalan lebih cepat dan efisien.Saat ini, hampir semua dump truck sudah beroperasi dengan sistem hidraulik dan memiliki berbagai konfigurasi tertentu yang sengaja dirancang untuk memenuhi tugas spesifik dalam rantai suplai bahan konstruksi.
  5. Concrete Vibrator
    Concrete vibrator adalah salah satu alat-alat dalam dunia konstruksi. Pada dasarnya alat ini merupakan alat mekanis untuk menciptakan getaran dalam beton yang masih basah yang baru saja dituang ke dalam struktur. Dalam aplikasinya, biasanya ada motor di salah satu ujung yang dipegang pekerja.
    Getaran yang dihasilkan oleh concrete vibrator menyebabkan campuran lebih padat dan menghilangkan rongga udara yang mungkin saja muncul saat penuangan beton.  Fungsi lainnya ialah untuk mengurangi gesekan internal komponen campuran semen, agregat, dan air. Hal ini membantu untuk memastikan beton basah bisa masuk ke setiap sudut, bagian dan celah kecil dalam struktur dan menghilangkan rongga.Selanjutnya, getaran dan likuidasi membantu untuk pelepasan gelembung udara. Dengan demikian, maka kualitas beton akan lebih terjamin. Adanya banyak udara dalam campuran ketika dituangkan dalam struktur bisa membuat campuran kurang padat hingga  menyebabkan kegagalan dan cacat pada konstruksi. Maka tak heran bahwa concrete vibrator merupakan alat-alat dalam dunia konstruksi yang sangat penting dalam pengadaannya.Selain fungsi di atas, getaran yang dihasilkan concrete vibrator juga sangat penting untuk mencapai konsolidasi campuran beton. Untuk kebutuhan beton cornya ada dapat menilik laman penawaran di harga beton cor
  6. Bulldozer dan loader
    Untuk memulai sebuah konstruksi, terkadang pekerjaan dimulai dengan merobohkan bangunan, dan mengangkut material hancuran tersebut. Dalam proses ini, maka jenis dari alat-alat dalam dunia konstruksi yang dibutuhkan adalah bulldozer.Bukan hanya untuk keperluan penghancuran bangunan, bulldozer juga memiliki peran dalam memindahkan tanah dan berbagai elemen lain seperti kerikil. Sedangkan loader memiliki fungsi yang hampir dalam dengan bulldozer, yakni bisa digunakan dalam penggusuran dan pengangkutan material hancuran.
  7. Backhoe loader
    Untuk memulai konstruksi, pekerja biasanya memakai alat-alat dalam dunia konstruksi jenis backhoe loader. Fungsinya adalah untuk penggalian. Biasa dipakai untuk menancapkan tiang maupun untuk membuat pondasi. Alat ini sangat penting dalam berbagai proyek, seperti pembangunan gedung maupun jembatan.
  8. Scraper
    Hampir sama dengan backhoe loader, scraper bisa dipakai untuk mengeruk tanah. Tidak hanya itu, alat ini juga bisa sekaligus mengangkut tanag hasil kerukan tersebut dan diangut ke dalam bak untuk kemudian ditumpahkan kembali ke lokasi yang dikehendaki.
  9. Sheep foot roller
    Pada banyak konstruksi, pengadaan alat-alat dalam dunia konstruksi memang sangat krusial. Salah satunya adalah sheep foot roller yang berperan dalam pemadatan tanah yang kondisinya lembek. Alat berat ini dirancang dengan bentuk kaki sedemikian rupa hingga bisa bekerja pada kondisi tanah yang lembek atau liat.

Demikianlah beberapa alat-alat dalam dunia konstruksi bagian dari mesin-mesin dan alat berat seputar kebutuhan pembangunan yang termasuk golongan alat berat. Atau heacy equipment.

secara rinci, peralatan di atas dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa golongan menurut fungsinya.

  • Alat berat yang berfungsi dalam proses penggusuran sebelum konstruksi dimulai, meliputi: scraper, bulldozer, dan juga loader. Fungsinya menghancurkan bangunan dan juga mengangkut material hancuran ke tempat yang lain.
  • Alat berat yang berfungsi dalam proses penggalian tanah, meliputi: backhoe, excavator, dan juga power shovel.
  • Alat berat yang berfungsi dalam memadatkan tanah, meliputi: sheep foot roller, tire roller, tandem roller, dan lain-lainnya. Pemilihan alat-alat dalam dunia konstruksi untuk fungsi pemadatan tanah ini dipilih berdasarkan jenis tanah yang ingin dipadatkan, karena kaki atau roda akan berbeda pada masing-masing alat.
  • Alat berat untuk sistem angkut pada lokasi konstruksi, meliputi: dump truck, crane tower, flat bed, trailer, dan alat lainnya. Alat dan mesin ini mampu mengangkut berbagai material bangunan untuk konstruksi maupun memindahkan alat berat yang akan dipakai.

Pengadaan alat berat wajib pada setiap konstruksi. Tentunya jika harus membeli, harganya sangat mahal. Pelaksana konstruksi maupun penyelenggaranya banyak yang memilih untuk menyewa guna menekan biaya yang harus dikeluarkan.

Demikian sekelumit mengenai jenis alat-alat berat yang biasa dipergunakan dalam pekerjaan konstruksi, bagi anda yang memerlukan paving block dapat dilihat pada laman harga paving block

About Indoprecast

Indoprecast.com adalah web penjualan berbagai macam beton pracetak, bila Anda memerlukan pemesanan produk kami silakan hubungi salah satu nomor kontak kami: Lukman: 0853 4888 8881 - Hakim: 0812 8280 2728 - Iksan: 085 7716 08999

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *