Konstruksi

Kupas Tuntas Spesifikasi Concrete Pump

Kupas Tuntas Spesifikasi Concrete Pump

Concrete Pump

Concrete Pump adalah salah satu jenis armada yang sering digunakan dalam proyek konstruksi pengecoran, tipe dan ukurannya sangat bervariasi dari mulai yang paling sederhana hingga paling mutakhir

Gambararan Umum: mengenal spesifikasi concrete pump, keuntungan, serta kondisi pengecoran yang ideal agar penggunaan alat ini lebih maksimal lagi baik untuk proyek pengecoran besar maupun kecil.

Mengenal Spesifikasi Concrete Pump dalam Pelaksanaan Pengecoran

Sebuah konstruksi masa kini membutuhkan bahan dan alat yang sudah ditetapkan sesuai standar. Hal ini membantu adanya konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan dari segi keamanan dan kelancaran pelaksanaan kerja. Dari banyaknya alat tersebut, spesifikasi pompa beton adalah salah satu yang perlu kita tahu.

Alat ini sangat dibutuhkan untuk konstruksi, khususnya bagi yang lokasi pengecorannya berada di tempat tinggi. Dari banyaknya jenis alat ini, pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi.

Fungsi utama dari alat ini ialah untuk menyalurkan beton readymix menuju tempat pengecoran yang sulit dijangkau oleh truck mixer. Dengan paduan dengan truck inilah, concrete pump memungkinkan untuk bergerak dan berpindah lokasi.

Baca juga: definisi beton ready mix

Karakteristik dan Spesifikasi ConcretePump

Ciri khusus concrete pump ialah adanya pipa yang panjangnya beragam. Hal ini tergantung dengan jangkauan horizontalnya. Dari pompa inilah, agregat disalurkan ke tempat pengecoran. Ukuran maksimum agregat yang bisa melewati pompa ini adalah 63mm.

Akan tetapi, ukuran agregat ini juga bisa bervariasi atau lebih besar. Ukurannya bisa disesuaikan dengan spesifikasi concrete pump dari pabrik. Karena untuk konstruksi tertentu, bisa saja memakai agregat khusus dan butuh pompa khusus pula.

Ciri lainnya adanya agrigator pada feeding hopper-nya. Adanya aplikasi ini berguna untuk mencegah adanya beton yang mengalami setting. Bisa pula mencegah segregasi yang bisa terjadi di lubang penyerapan.

Sebagai pelengkap kerja, alat ini dilengkapi pula dengan Z-boom dengan 3-5 section. Dengan demikian, maka bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit untuk melakukan pengecoran.

Spesifikasi Concrete Pump Secara Umum

Spesifikasi concrete pump sebenarnya didasarkan dari jenisnya. Karena ada banyak macam dan jenis dari alat pengecoran ini. Akan tetapi, secara umum, alat ini memiliki spesifikasi rata-rata:

  • Jarak vertical yang bisa dijangkau: 16-58 meter
  • Jarak horizontal yang bisa dijangkau: 13-53 meter
  • Kedalaman jangkauan dari concrete pump: 8-42 meter
  • Tinggi alat ketika keadaannya terlipat: 48-154 meter
  • Output beton segar dari concrete pump: 48-154 meter kubik/ jam
  • Rata-rata tekanan dalam pipa: 71-130 bar dengan diameter pipa adalah 200×1400 hingga 280-2100 mm

Itulah spesifikasi concrete pump yang umum kita tahu. Para pekerja konstruksi sangat terbantu dengan adanya alat ini, karena pengecoran jadi lebih mudah. Selain itu juga lebih menghemat waktu dan tenaga.

Baca juga : Alat Berat dalam dunia konstruksi

Akan tetapi, agar kegiatan pengecoran berjalan lancar, ada lebih banyak hal yang harus diketahui. Hal tersebut sangat penting lantaran, pengecoran bukanlah pekerjaan yang sederhana. Di dalamnya melibatkan SDM yang mumpuni, alat yang mahal, serta budget yang sangat besar.

Anda memerlukan besi wiremesh? lihat pada laman penawaran harga wiremesh

Selain Spesifikasi Concrete Pump, Inilah Hal Penting Dalam Pengecoran

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pengecoran. Tentu saja selain penyediaan dan pemakaian alat yang berkontribusi pada pekerjaan ini.

Agar pemanfaatan spesifikasi concrete pump sempurna, kondisi beton pun harus diperhitungkan. Beton tidak boleh dipakai jika mengalami kondisi ini:

  • Beton mengeras
  • Beton terkontaminasi bahan lain
  • Beton ditambah air lagi setelah pengikatan awal tanpa persetujuan pengawas

Kondisi beton di atas bisa merusak konstruksi dengan hasil yang tak sempurna. Maka, kondisi beton sebelum disalurkan dengan concrete pump penting untuk diperhatikan.

Hal lain yang perlu jadi perhatian untuk memaksimalkan spesifikasi concrete pump di atas adalah:

  • Pengontrolan temperature
    Temperature sangat mempengaruhi kondisi pengecoran dan hasilnya nanti. Sebisa mungkin hindari pengecoran saat cuaca panas atau terlalu dingin.Jika kondisi ini tak bisa dihindari, maka perlu untuk melakukan tindakan tertentu. Contohnya jika pengecoran dilakukan di saat panas dan kelembaban rendah, maka bekisting harus dibasahi dulu. Dengan demikian, bisa menjaga kelembaban beton.
  • Pengecoran harus kontinyu
    Persiapan sebelum pengecoran yang tepat akan membantu pemanfaatan spesifikasi concrete pump. Karena ketika beton mulai disalurkan, maka kegiatan ini harus dilakukan secara kontinyu atau terus menerus sampai mengisi penuh bagian panel sampai batasan yang ditetapkan.Pengecoran dengan concrete pump secara kontinyu ini bisa menghindari cold joint. Jika hal ini terjadi, maka hasil pengecoran tak akan sempurna. Maka dari itulah, semua persiapan sebeum penyaluran beton dengan concrete pump harus dilakukan sebaik mungkin.
  • Mengatur kecepatan pengecoran
    Peran dari spesifikasi concrete pump yang sedemikian rupa memang dibutuhkan dalam pengecoran. Karena pada pengerjaan ini, konsistensi volume pengecoran dan juga kecepatannya sangat mempengaruhi hasil akhirnya.

Untuk menghindari adanya tekanan berlebih pada bekisting, maka kontrol kecepatan pengecoran sangat penting. Khususnya pada proyek besar. Angka idealnya ialah tidak boleh lebih dari 1,2 meter vertical/ jamnya. Namun dikecualikan untuk pengecoran kolom.

Baca juga:

Harga Sewa pompa Beton

Harga Jayamix

Langkah ini juga penting untuk menghindari adanya retak-retak dan hasil cor yang kurang sempurna.

Keuntungan Yang Diberikan Dari Spesifikasi Concrete pump

Dari berbagai spesifikasi concrete pump di atas, maka akan membantu kegiatan pengecoran. Khususnya dengan pipa panjang, maka alat ini mampu memberikan kemudahan kegiatan pengecoran. Beberapa keuntungan yang diberikan ialah:

  • Dapat menjangkau tempat tinggi hingga cocok untuk pengecoran gedung bertingkat
  • Bisa untuk pengecoran di tempat yang tak terjangkau truck mixer, misalnya gang sempit
  • Kecepatan pompa konsisten sehingga menghasilkan pengecoran sesuai perencanaan
  • Bisa membantu proyek besar maupun kecil dan mudah diaplikasikan.

Itulah beberapa hal yang perlu kita tahu tentang alat dan spesifikasi concrete pump. Keberadaannya dalam dunia konstruksi sangat dibutuhkan.

About Indoprecast

Indoprecast.com adalah web penjualan berbagai macam beton pracetak, bila Anda memerlukan pemesanan produk kami silakan hubungi salah satu nomor kontak kami: Lukman: 0853 4888 8881 - Hakim: 0812 8280 2728 - Iksan: 085 7716 08999

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *