Beton, Konstruksi

Jenis Girder Beton dan Implementasi Pada Konstruksi

Jenis Girder Beton dan Implementasi Pada Konstruksi

Penjelasan kali ini kami akan mengulas mengenai girder beton, sebagai gelagar untuk jembatan maupun jalan layang yang memiliki beberapa jenis yang dibentuk sesuai dengan desain dan ukuran tertentu yang kini bisa dipesan melalui custom atau sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi dan Jenis-Jenis Girder Beton

Dalam konstruksi jembatan, dibutuhkan berbagai material berkualitas. Beton dan baja adalah salah satunya. Saat keduanya dipadukan dengan teknik tertentu maka akan membentuk suatu bahan konstruksi jembatan yang kuat dan kokoh.

Paduan keduanya kini bisa menghasilkan girder beton. Inilah material yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan hingga fly over. Jembatan dengan ketinggian tertentu membutuhkannya untuk menguatkan jembatan sebagai jalur lalu lintas yang padat.

Ada penawaran menarik dari kami untuk kebutuhan beton precast custom lihat di laman: harga beton pracetak custom

Aplikasi Girder Beton Pada Jembatan

Jembatan adalah jalur transportasi yang menghubungkan dua tempat yang terpisah. Jembatan sekaligus menjadi landmark pada suatu kota atau wilayah. Maka butuh rancangan jembatan yang memenuhi fungsi struktural maupun estetiknya.

Girder beton merupakan beton pratekan yang diproduksi dengan mereduksi volume bahan pembuatannya. Hal ini membuatnya lebih berat dengan profil lebih ringan. Pondasi yang dipakai juga akan lebih tringan juga. Karena hal inilah maka aplikasinya pada jembatan ini memiliki manfaat dna keunggulan lain, seperti :

  • Lebih efisien sebagai penampang jembatan yang kuat karena adanya berat struktur yang ringan.
  • Strukturnya kuat terhadap momen torsi
  • Kuat  terhadap gempa

Berbagai manfaat tersebut didapatkan dengan aplikasi girder beton pada jembatan. Umumnya jenis jembatan yang memakai beton ini adalah jembatan gelagar atau girder bridge. Jembatan jenis ini memiliki gelagar utama yang dihubungkan secara melintang dengan balok lantai. Semua itu membentuk pola grid dan akan menyalurkan beban bersama-sama.

Untuk jenis jembatan tersebut maka digunakan jenis girder tertentu. Yang paling banyak dipakai adalah I-girder atau box girder.

Baca informasi lainnya: harga ready mix

Aplikasinya juga bisa digunakan untuk jenis jembatan lain. Salah satunya adalah jembatan baja atau steel bridge. Jembatan ini memakai komponen dan sistem struktur dari baja. Komponen yang dipakai adalah deck, girder, rangka beton, pelengkungn, serta pengantung dan panahan kabel.

I Girder

Jenis-Jenis Girder Beton

Girder disebut juga dengan gelagar. Pada konstruksi jembatan, girder ini berfungsi dalam menyalurkan beban dari kendaraan, berat sendiri, dan beban lain pada bagian struktur bawah.

Ternyata, jenis beton untuk jembatan ini memiliki berbagai tipe dan jenis. Bentuk I dan box mungkin adalah yang paling banyak dipakai. Namun secara umum, berikut ini ada berbagai tipe girder untuk jembatan ini :

  • I Girder
    Seperti bahan pembuatan precast beton lain, I Girder dibuat dari baja dan beton. Kualitas dan mutu disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi jembatan. Pemilihan ini didapatkan pada segi ekonomis pemakainnya.
    Selain itu, desain dari  girder ini juga cukup mudah diaplikasikan pada jembatan. Mulai dari desain, tinggi badan girder, lebar badan girder dan mutu bisa dipesan dan dibuat sesuai kebutuhan. Hal ini dikarenakan setiap konstruksi jembatan akan membutuhkan beton dengan kualitas berbeda.
  • Box girder
    Ciri khas dari girder beton jembatan ini adalah bentuknya yang menyerupai balok-balok. Lebih tepatnya, bentuk girder ini  adalah kotak berongga di bagian dalamnya.
    Inilah salah satu beton bertulang yang dipakai sebagai penampang jembatan yang kokoh. Dilihat dari desain dan ukurannya, box girder ini memiliki harga yang lebih mahal. Kegunaannya sendiri adalah untuk jalan layang maupun jembatan dengan bentang panjang. (Baca juga penawaran: harga box culvert)
  • T Girder
    Ciri khas dari girder ini adalah bentuknya seperti huruf T. Jenis girder atau gelagar jembatan ini sering diaplikasikan untuk jembatan pejalan kaki. Lebarnya pada umumnya adalah I meter namun tetap bisa custom dan fleksibel dalam ukuran saat pemesanan girder beton.

Demikian informasi mengenai sekilas pengenalan mengenai produk beton girder, sebagai bahan tambahan dalam khazanah dunia konstruksi khususnya untuk Indonesia.

About Indoprecast

Indoprecast.com adalah web penjualan berbagai macam beton pracetak, bila Anda memerlukan pemesanan produk kami silakan hubungi salah satu nomor kontak kami: Lukman: 0853 4888 8881 - Hakim: 0812 8280 2728 - Iksan: 085 7716 08999

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *