Beton

Implementasi Panel Lantai Styrofoam Beton Busa

Implementasi Panel Lantai Styrofoam Beton Busa

Panel lantai styrofoam merupakan salah satu teknologi inovasi di bidang konstruksi. Penggunaannya sangat aplikatif untuk dinding, atap dan lantai.

Beton styrofoam adalah jenis beton ringan yang memiliki ukuran berat berkisar 600 kilogram per meter kubik. Jenis beton ini memiliki bahan material meliputi, pasir, semen dan styrofoam

Sedangkan, panel lantai styrofoam adalah panel lantai yang dibuat berasal dari material campuran beton hingga panel memiliki beban ringan 35.5 % dibandingkan berat dari jenis bata biasa.

Penggunaan Panel Lantai Styrofoam Dalam Bangunan

Pemakaian panel lantai styrofoam dianggap lebih ramah lingkungan untuk konstruksi bangunan. Dalam implementasi serta kegunaan panel ini dalam bahan bangunan memiliki insulasi suhu yang baik. Selain itu, pengaplikasiannya untuk konstruksi dianggap lebih hemat energi untuk daerah tropis.

Bahan styrofoam memiliki rantai hubungan sel penutup yang memiliki nilai resistensi tinggi untuk ukuran nilai isolasi. Nilai R tersebut sangat menentukan kapasitas untuk melawan panas. Apabila nilai R rendah maka kemampuan perlawanan terhadap panas semakin rendah.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Terdapat kerakterisitik yang terkandung dari busa polystyrene dalam penggunaan insulasi bangunan yaitu, waterproof dan bobot ringan. Struktur isloasi pada styrofoam hampir yidak mempunyai ruang kosong diantara selnya.

Hal ini menunjukkan bahwa produk kuat dan tahan terhadap penetrasi air. Dan tentunya sangat menguntungkan karena jamur tidak dapat tumbuh pada permukaan.

Beton Styrofoam

Semua karakter di atas memberi keuntungan karena dapat memperkecil kerusakan. Panel lantai styrofoam sendiri memiliki bentuk lembaran dengan tingkat kepadatan rendah, sedang hingga tingkat tinggi. Penggunaannya dianggap solusi alternatif dalam pemakaian bahan material di dalam konstruksi bangunan.

Selain itu, penggunaannya mampu mengkondisikan suhu yang ada di dalam ruangan. Styrofoam juga dapat mengurangi hantaran panas dari luar menuju ke ruangan yang ditutupi. Lembaran atau panel yang dipakai memiliki ukuran berkisar 120 cmx 240 cm.

Ketebalan yang dicapai sangat beragam mulai dari 2-15 cm. Namun, penggunaan panel di bagian atap mempunyai ukuran yang spesifik. Penggunaan panel dapat diperuntukkan pada pelapis lantai, dinding, atap dan desain artistik ruangan.

Baca juga:

Harga Ready Mix

Pembuatan  Beton Busa/ Panel Lantai Styrofoam

Pembuatan beton busa atau panel lantai styrofoam memiliki 2 metode, yaitu :

  1. Gas concrete
    Cara pembuatannya dengan memasukkan reaksi kimia berbentuk gas  ke sebuah mortar basah. Hal ini dapat memproduksi gelembung udara dalam kuantitas yang banyak. Hal ini dikarenakan adanya percampuran gas di dalam mortar.
  2. Foaming concrete
    Pembuatannya dilakukan dengan cara penambahan foaming agent pada campuran. Bahan pembentuknya dapat berupa bahan alami maupun buatan. Sedangkan bahan buatan dapat berupa bahan sintetik dengan kepadatan mencapai 40 gram per liter.
    Ukuran gelembung dapat berupa busa berkisar 0,1 hingga 1 mm. Persebarannya merata sehingga beton memiliki sifat penghambat panas dan kedap suara. fungsi foam agent dijadikan sebagai penstabil gelembung.

Baca juga:

Harga Box Culvert
Panel Lantai Styrofoam

Keuntungan Penggunaan Panel Lantai Styrofoam

Salah satu teknologi dan inovasi di bidang konstruksi, panel lantai syrofoam memiliki banyak keuntungan. Hal inilah yang menjadikan panel jenis ini kian diminati. Selain penggunaannya mudah dan beratnya yang ringan. Berikut beberapa keunggulannya :

  1. Kerapatan tinggi sehingga daya perembesan kecil
    Bahan materialnya dapat membuat kondisi suhu ruang menjadi lebih stabil. Temperatur dingin maupun panas dapat ditahan oleh panel. Hal ini dapat meminimalisir pembiayaan pemanasan maupun pendingin ruangan.
  2. Proses perakitan mudah dan biaya ekonomis
    Proses instalasi panel dianggap mudah diaplikasikan. Hal tersebut tidak perlu penambahan dana dalam pemasangan. Lembaran atau panel lantai styrofoam sudah dilakukan pabrikasi dengan metode joint system. Hal ini memakan waktu produksi lebih cepat.
  3. Pengangkatannya mudah dan tidak susah
    Beban yang diangkat tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan ukuran ketebalan mencapai 2 hingga 15 sentimeter per lembar.
  4. Kemampuan penahan angin yang baik
    Lembaran lantai maupun dinding styrofoam memiliki kekuatan angin mencapai 140 meter per jam. Selain itu, penggunaannya dapat dijadikan sebagai alternatif kayu.
  5. Kemampuan untuk efisiensi energi
    Panel ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan efisiensi energi. Penggunaan atap dilapisi dengan stainless steel yang memiliki ketahanan terhadap perkaratan berkisar 20 tahun. Hal tersebut dapat meminimalisir alternatif material lebih cepat.

Baca juga

Harga Beton Precast

Penggunaan lantai styrofoam juga memiliki nilai artistik dan seni. Selain itu, keuntungan lainnya memiliki Kemudahan dibentuk dan dipotong, Tidak hanya penggunaannya yang multifungsi. Panel lantai ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan konstruksi bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *