Konstruksi

Apa Itu Shear Wall Fungsi dan Jenis

Apa Itu Shear Wall Fungsi dan Jenis

Shear wall merupakan salah satu alternatif peningkatan kinerja struktur bangunan lebih dari satu tingkat

Shear Wall atau dinding geser merupakan salah satu alternatif peningkatan kinerja struktur bangunan tinggi guna mengatasi simpangan horisontal. Kegunaan dinding geser ini adalah untuk menambah kekakuan pada konstruksi serta menyerap gaya geser besar. Apalagi, gaya geser dapat membesar seiring dengan semakin tingginya struktur bangunan.

Bentuk dan penempatan dinding geser adalah pada lokasi yang dianggap paling cocok. Bagi Anda yang masih belum mengerti tentang shear wall bisa langsung simak ulasannya di sini :

Pengertian Shear Wall

Dinding geser adalah struktur slab beton bertulang yang terpasang dengan kondisi vertikal di tiap sisi gedung khusus. Manfaat pembuatan shear wall adalah berguna dalam menambah kekakuan pada struktur dan penyerapan gaya geser yang besar.

Fungsi Shear Wall

Kegunaan dari shear wall (dinding geser) terbagi menjadi dua jenis yakni kekuatan dan kekakuan yang diantaranya meliputi :

Kekuatan

Dinding geser memberikan kekuatan lateral yang dibutuhkan guna melawan kekuatan gempa mendatar. Saat dinding geser cukup kuat, maka pemakaian dinding tersebut akan mendistribusikan gaya horisontal menuju elemen berikutnya dalam jalur beban yang berada di bawah.

Baca juga:

Waktu buka Bekisting Dak Beton

Kekakuan

Dinding geser juga memberikan kekakuan lateral guna mencegah atap maupun lantai di atas dari goyangan berlebihan. Dengan demikian, bangunan juga akan cukup kaku dan jarang mengalami kerusakan struktural.

Shear Wall

Macam- macam Shear Wall

Terdapat berbagai jenis shear wall di pasaran. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Menurut letak dan fungsinya, shear wall (dinding geser) dapat digolongkan menjadi 3 jenis, seperti yang berikut ini :

Bearing Wall

Dinding geser yang mendukung mayoritas beban gravitasi. Tembok tersebut juga memakai dinding pembatas antar partemen yang dekat.

Frame Walls

Dinding geser yang berguna dalam menahan beban lateral dan beban gravitasi yang berasal dari frame beton bertulangan. Tembok tersebut dapat dibangun di antara baris maupun kolom pada bagian dalam.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Core Walls

Dinding tersebut merupakan dinding geser yang berada di dalam wilayah inti di pusat dalam bangunan seperti, gedung dan poros lift.

Pengaplikasian Shear Wall pada Bangunan

Pada penerapannya di lapangan, shear wall seringkali ditempatkan pada bagian ujung dalam sebuah ruangan. Penempatannya juga dapat dilakukan secara memanjang pada bagian tengah searah dengan tinggi bangunan. Hal itu dilakukan karena fungsinya sebagai penahan beban angin maupun beban gempa yang didistribusikan melalui struktur portal.

Baca juga:

Harga Box Culvert

Proses pemasangan share wall juga mampu membatasi simpangan diantara tingkat gedung. Hal ini dapat terjadi lantaran besaran kekakuan bangunan yang makin besar, dibandingkan bangunan gedung yang tidak memakai shear wall.

Umumnya, shear wall diletakkan di luar maupun di dalam atau inti yang memuat ruang lift maupun tangga. Perencanaan pada dinding geser sendiri tidak lepas dari penentuan bentuk dinding. Lokasi penempatan pada denah serta bentuk beragam keruntuhannya.

Baca juga:

Harga U Ditch

Prinsip Peletakkan Dinding Geser

Konstruksi bangunan tinggi bisa didefinisikan sebagai bangunan dengan sistem struktur yang dapat menahan gaya lateral akibat gempa maupun angin. Dalam bangunan tinggi yang dilengkapi dinding geser memiliki kemampuan dalam menahan gaya lateral yang dipicu angin atau pergeseran tanah.

Agar dinding geser bisa berguna secara maksimal, maka perlu dibentuk sedemikian rupa, dengan memenuhi syarat berikut :

  1. Di dalam sebuah bangunan sebaiknya memiliki minimal tiga buah dinding geser yang dimanfaatkan sebagai penahan gaya lateral.
  2. Garis pengaruh dari dinding geser tidak dapat saling berpotongan pada satu titik

Dinding geser yang dianggap memenuhi syarat dapat membantu dalam memberikan stabilitas yang baik pada bangunan yang memiliki banyak lantai. Namun, spabila rancangan perletakan dinding geser tidak sesuai dengan syarat yang sudah disebutkan, maka dinding geser tidak berguna dengan baik dalam menahan gaya lateral.

Baca juga:

Facade Precast

Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan struktur shear wall. Kebutuhan diding geser memang sudah banyak diaplikasikan untuk kebutuhan komersial maupun pembuatan hunian. Namun, proses pengaplikasiannya juga harus memperhitungkan gaya lateral untuk kemudahan geser.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.