Beton, Konstruksi

10 Perusahaan Semen Terbesar

10 Perusahaan Semen Terbesar

Mengenal 10 Perusahaan Semen Terbesar

Indonesia menjadi salah satu target ekspansi perusahaan semen besar dunia, baik dari Eropa maupun China. Saat ini, beberapa brand dari keduanya sudah masuk ke dalam 10 perusahaan semen terbesar di Indonesia maupun dunia.

Hal ini nampaknya para produsen semen lakukan karena melihat peluang di Indonesia yang besar dengan pembangunan yang pesat di berbagai daerah.

Khususnya pembangunan infrastuktur di negeri ini yang mulai sangat pesat dari tahun ke tahun. Otomatis, kebutuhan semen akan terus meningkat pula untuk memenuhi kebutuhan konstruksi ini.

Sudah dimaklumi bahwa kebutuhan akan semen di dunia menjadi kebutuhan primer untuk urusan pembangunan, dan ini juga menjadi bahan utama penguat dari pembuatan beton, baik itu beton ready mix maupun beton precast atau beton pracetak.

Salah satunya penggunaan semen yaitu pada produk precast U Ditch, Box Culvert, beton tiang pancang, kanstin, pagar panel dan lain sebagainya.

Penawaran menarik dan informasi harga saluran air u ditch

Untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan dan merek semen di Indonesia maupun dunia, berikut akan diulas 10 perusahaan semen terbesar yang sudah merajai dunia, termasuk Indonesia.

1. Heidelberg Cement

Heidelberg Cement adalah perusahaan bahan bangunan multinasional yang berkantor pusat di Heidelberg, Jerman.

Akuisisi saham di Italcementi yang dilakukan membuat Heidelberg Cement menjadi produsen nomor satu agregat konstruksi. Untuk produk semennya, perusahaan ini masuk ke dalam  10 perusahaan semen terbesar , yaitu berada di peringkkat nomor 2.

Sedangkan dalam produksi beton siap pakai, perusahaan global ini mampu menempati posisi ketiga di seluruh dunia.

Saking besarnya, perusahaan ini memiliki cabang di  sekitar 60 negara dengan 60.000 karyawan. Perusahaan Heidelberg Cement mampu mengoperasikan sekitar  139 pabrik semen. Produksinya   sebesar 176 juta ton semen pertahun.

Perusahaan ini didirikan pada 5 Juni 1874 oleh Johann Philipp Schifferdecker, di Heidelberg, Baden-Württemberg, Jerman. Kini sudah mulai melakukan ekspansi lebih besar ke lebih banyak negara di dunia.

2. Semen Indonesia

Semen Indonesia menjadi salah satu 10 perusahaan semen terbesar di tanah air. Bahkan bisa dikatakan bahwa perusahaan penghasil semen ini merupakan yang terbasar di Indonesia.

Semen Indonesia diproduksi oleh PT. Semen Indonesia yang dulu dikenal dengan nama PT. Semen Gresik.

Usia perusahaan ini sudah lebih dari setengah abad hingga wajar saja jika memiliki banyak kepercayaan dari para pelaku konstruksi untuk memilih semen Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan semen untuk proyek mereka.

Dari segi kualitas dan inovasi juga semakin ditingkatkan denga berbagai penelitian atau riset.

Perusahaan yang masuk ke 10 perusahaan semen terbesar di Indonesia ini merupakan BUMN yang peresmiannya dipimpin presiden RI pertama kala itu. Saat ini, perusahaan semen Indonesia memiliki kapasitas produksi sebesar 29 juta ton per tahunnya. Pasarnya meliputi 42% pasar semen Indonesia.

3. Lafarge Cement

Seperti yang telah diterangkan di atas bahwa beberapa merek semen di Indonesia berasal dari negara asing. Salah satunya ialah PT. Lafarge Cement Indonesia atau lebih banyak dikenal dengan nama Lafarge.

Sebelum masuk ke  Indonesia, perusahaan ini sudah masuk ke daftar 10 perusahaan semen terbesar di dunia. Untuk Indonesia sendiri, Lafarge memulai bisnisnya dengan mengakuisisi PT. Semen Andalas Indonesia pada tahun 1994.

Dalam perjalanannya, perusahaan ini mengalami pasang surut. Pada tahun 2004, pabrik semen sempat hancur terkena tsunami aceh dan membuatnya berhenti beroperasi.

Bukan hanya di Indonesia, Lafarge telah eksis di berbagai negara di Asia dengan 36 pabrik. Produksinya mampu mencapai sekitar 72 juta ton semen pertahunnya.

Negara-negara Asia tempat Lafarge membangun pabrik semen ini ialah di Vietnam, Korea Selatan, Pakistan, dan beberapa negara lain termasuk Indonesia.

4. Semen Holcim

Semen Holcim adalah salah satu 10 perusahaan semen terbesar di Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu bagian dari Lafarge Holcim Group. Dengan pengalaman lebih dari satu abad, Holcim menjadi salah satu produk terkemuka dan terpecaya di Indonesia untuk produk semen.

Kini produksi semen Holcim mampu mencapai 15 juta ton semen dalam satu tahunnya. Di Indonesia, Holcim memiliki 4 pabrik. Bukan hanya di Jawa, namun Holcim juga mengejar pasar yang lebih luas lagi, yaitu di luar Jawa di mana peluang pembangunan konstruksinya masih sangat besar.

Sedangkan untuk ekspansinya di dunia, merk semen ini sudah memiliki cabang di lebih dari 90 negara di dunia. Beberapa inovasi perusahan Holcim yang cukup terkenal yaitu beton Minimix, dan juga Beton Speedcrete (Beton cor cepat kering)

Holcim bukan hanya salah satu dari 10 perusahaan semen terbesar saja. Perusahaan ini juga berkeinginan untuk menyumbangkan manfaat untuk lingkungan melalui pengelolaan limbah di Indonesia.

Tujuannya ialah menciptakan lingkungan yang bersih untuk masa depan Indonesia tanpa limbah. Komitmen kuat dari Holcim ini didukung dengan adanya SDM dan juga berbagai riset pengelolaan limbah.

Bicara Holcim sudah barang tentu tidak lepas dari kebutuhan beton cor ready mix, ada satu penawaran menarik dari kami dapat dilihat pada tautan harga ready mix per m3

5. Semen Conch

Semen Conch Semen dari perusahaan Anhui Conch Cement Group ini merupakan salah satu 10 perusahaan semen terbesar di dunia.

Perusahaan ini membangun pabrik semen di Indonesia. Dalam tahap ekspansi ini, pihak perusahaan mengalami hambatan dalam hal perijinan dan juga pengolahan limbah.

Meskipun demikian, masalah ini tak membuat semen yang berasal dari China ini berhenti dalam membangun bisnisnya.

Merk semen ini kini menjadi salah satu produsen semen skala besar di Indonesia. Beberapa pabrik pembuatan semen dibangun di luar Jawa.

6. Semen Baturaja

Selanjutnya, merk semen yang masuk ke dalam 10 perusahaan semen terbesar ialah PT. Semen Baturaja atau SMBR. Semen yang satu ini cukup terkenal di Indonesia dan memiliki pangsa pasar yang luas.

Untuk meningkatkan jumlah produksi semen, maka semen Batu Raja membangun pabrik Baturaja II di Sumatera. Proyek pembangunan pabrik ini dilaksanakan pada 2015 hingga 2017. Target utamanya ialah kemampuan menghasilkan semen sebanyak 1,7 juta ton semen dalam satu tahun.

Sumatera Selatan dipilih sebagai lokasi pabrik II karena dinilai memiliki peluang yang besar terhadap pembangunan berbagai infrastruktur baik public maupun swasta.

7. Semen Tonasa

Semen Tonasa adalah salah satu 10 perusahaan semen terbesar yang menguasai pangsa pasar wilayah Timur Indonesia. Saking besarnya, luas pabrik yang ada mencapai 715 hektar di Kabupaten Pangkep.

Sebagai salah satu pabrik semen terbesar di kawasan Timur, pabrik tersebut mampu memproduksi lebih dari 5 juta ton semen pertahunnya. Total pabriknya ada 4 unit yang berkontribusi terhadap jumlah produksi semen tersebut.

Untuk jenis semen yang dihasilkan meliputi semen Portland, semen rion yang diproduksi masal untuk berbagai jenis kebutuhan konstruksi di wilayah Indonesia, khususnya kawasan Timur Indonesia.

8. Italcementi

Bukan hanya China yang memiliki pabrik semen terbesar saja. di Italia juga memiliki satu pabrik semen yang bisa dibilang sebagai raksasa perusahaan semen dunia.

Perusahaan tersebut ialah Italcementi yang masuk ke dalam 10 perusahaan semen terbesar, bukan di Indonesia namun di dunia.

Pengembangan perusahaan bukan hanya di Italia saja, namun juga di negara-negara lain. Asset perusahaan yang ada beberapa diantaranya meliputi: pabrik semen, pabrik khusus, pusat penggilingan semen, dan ratusan tanaman beton.

9. Semen Padang

Bagi orang Indonesia tentu mengenal merk semen Padang. Perusahaan yang menaungi merk ini adalah PT. Semen Padang yang didirikan pada tahun 1910.

Pabrik yang berdiri pada saat penjajahan ini merupakan pabrik semen pertama di Indonesia.

Pada sejarah perkembangannya, pabrik yang dimiliki perusahaan semen ini telah mampu mengembangkan kapasitas pabrik dengan pembangunan pabrik indarung II, III, IV.

10. Semen Cemex

Selanjutnya ada lagi merk semen yang termasuk ke dalam 10 perusahaan semen terbesar di dunia, yakni semen Cemex.

Merk semen ini berasal dari Meksiko dan kini sudah masuk ke beberapa negara. Semen cemex kini berkiprah di Indonesia dengan produksi semen yang cukup tinggi jumlahnya dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan semen lainnya di Indonesia.

About Indoprecast

Indoprecast.com adalah web penjualan berbagai macam beton pracetak, bila Anda memerlukan pemesanan produk kami silakan hubungi salah satu nomor kontak kami: Lukman: 0853 4888 8881 - Hakim: 0812 8280 2728 - Iksan: 0812 1914 0167

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *